Islam itu??


Islam itu??
Hari ke dua belas ramadhan..

Pagi ini terasa dingin sekali, jam sudah mulai menunjukkan pukul 11.00 siang tapi hawa dingin masih terasa.
Salah satu nasabah yang domisilinya dekat dengan kantor saya ada perlu sehingga datang ke kantor. Niat hati ingin bertanya, apakah penjual warung makanan yang siang hari tetap buka di bulan ramadhan ini sebenarnya puasa atau tidak? Untuk mengatasi rasa keingintahuanku maka bertanyalah aku pada ibunya. “ sudah bolong berapa hari ibu puasanya?”
Kemudian dibalasnya dengan santai kayak dipantai dan selow kayak di pulow “ aku ndak puasa nduk, lha aku tiap hari dari pagi sampai malem buka warung terus. Paginya menyediakan buat sahur, siangnya buat yang ndak puasa dan malemnya buat yang berbuka”.

Glek,, saya asli kaget dan reflek menelan ludah dengan kelunya. Saya ndak bisa menimpali ucapan ibunya, setelah urusan selesai pun langsung pamitan pada yang ada di kantor. Saya cek lagi di data nasabah yang kebetulan ibunya adalah salah satu anggota nasabah kami. Agamanya islam. Hemm, tak habis piker, piker saya. Se islam-islam KTP nya orag kalau pas bulan ramadhan mereka juga menjalankannya.
Mungkin Qs Al Baqoroh : 183 itu belum tersampaikan ke beliau. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” cukup jelas sebenarnya perintah dalam Al Qur’an ini.

Apakah mereka tidak pernah membaca Al Qur’an? Bagaimana mau membaca, mengeja huruf arab saja belum bisa. Lha apakah mereka yang seperti itu tidak pernah ikut pengajian yang disana ada yang menyampaikan tentang kandungan ayat Alqur’an itu sendiri? Yah, eman-eman mbak ninggal warung bentar untuk pergi ke pengajian. Nanti kalau ada pembeli gimana? Kalau sudah banyak duit dan kebutuhan sudah tercukupi baru mau berangkat pengajian.. Toh yang terpenting di dunia ini bisa dapat uang, uang itu untuk makan. Kalau tidak makan ya bisa mati. Kalau sudah lebih untuk makan ya untuk membuat rumah sendiri, rumah satu dirasa kurang karena hanya cukup untuk satu keluarga padahal masih punya anak yang nantinya berkeluarga.
Lha kapan waktu untuk ngajinya? Baru memulai pengajian saja banyak yang belum faham tentang perintah dan larangan yang telah ditetapkan, lha kalau memulai saja belum bagaimana mau tahu tentang hukum puasa itu bagaimana?? Dan masih banyak lagi yang belum diketahui.

Ternyata tanpa kita menyadari, di luar dunia nyaman kita banyak PR yang harus kita kerjakan. Bukan hanya konsep tapi lebih ke praktek. Konsepnya itu mudah, ya didekati para pedagang itu, lalu kasih tahu kepada mereka. Hemmm, antara teori dan realita bisa tidak seimbang jika berfikir seperti itu.

Jika aku adalah seorang pedagang yang ndak tau apa-apa tentang indahnya islam, perintah apa saja yang harus dikerjakan dan larangan apa saja yang harus dihindari. Dan ketika itu ada orang atau mahasiswa yang dating dengan idealismenya sangat tinggi ini mengajakku ngobrol, tunjep point bahwa ibu harus gini ibu harus gitu. Hemm, sebagai orang yang awam langsung kuusir dia dari warungku. Siapa lu, menceramahiku seperti itu..

Ada pendekatan personal disana, ada penokohan disana, ada magnet yang kuat dari diri kita agar mereka tertarik pada kutub kita. Sikap ekslusif yang hanya mau bergabung dengan orang yang alim-alim saja, maka apa fusngisnya kita mempelajari agama kalau hanya untuk diri sendiri?? Mau masuk surga sendiri, dan membiarkan kaum yang belum mengerti masuk ke neraka. Itukah yang diharapkan?

Bergabung dengan orang yang sholih itu hanya untuk penguatan kita saja setelah kita action di masyarakat. Terus terlena di zona aman akan semakin melemahkan kekuatan kita, layaknya jurus dalam kungfu yang abstrak. Hanya teori yang tak pernah terpraktekkan.

Bagaimana kalau kita mulai merambah ke masyarakat? Emm, sepertinya lebih banyak tantangan yang kita alami dan menantang. Disitu ada pelajaran, disitu mendewasakan kita, disitu pebuh dengan kejutan-kejutan yang tak pernah kita temui sebelumnya. Karena antara idealita dan realita…

2 thoughts on “Islam itu??

  1. tulisan ny bagu pha…tp, mmg msh bnyk koq org2 yg dibulan ramadhan pd gak puasa, krna alasan pkrjaan yg berat…nah inilah, PR qt semua:-)

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s