Apakah kau juga mengalami kegelisahan yang sama??


Pagi tadi menerima sms dari seorang sahabat..
“Fokus pada kehidupan, fokus pada orientasimu” (menasihati diri sendiri..)

Pasca ramadhan ini entah apakah saya atau teman-teman juga mengalami hal yang serupa. Seakan ramadhan momen yang tak akan kita sia-siakan, sehingga sebagian dari kita mengerahkan selruh kemampuannya untuk mendapatkan yang terbaik. Kemudian semangat ramadhan itu loyo setelah ‘Hari Lebaran” itu tiba.

Setelah Ramadhan, banyak sekali alasan untuk memanjakan diri, setidaknya sama saja dalam hal ibadah. Apakah itu dalam hal targetan tilawah tiap harinya, apakah dalam sholat, dhuha, tahajud, dan lain-lain. Bulan Syawal yang seharusnya ada sunah disitu tertunda dengan berbagai acara “Halal bi Halal”, syawal tertunda dan huatang puasa (bagi yang putri) pun ikut tertunda.

Agak tertohok dan tertampar ketika saya silaturahim kepada seorang umahat di solo, yang beliau adalah orang yang sibuk. Pasca Lebaran ini beliau disibukkan dengan berbagai agenda, sibuk dalam agenda dakwah, persiapan keberangkatan haji, acara Halal bi Halal dengan berbagai instansi dan mengurus pekerjaan rumah yang kebetulan anak-anaknya masih pada kumpul sebelum berangkat ke pondok. Ketika saya menayakan terkait hutang yang beliau punya, kemudian beliau menjawab 6 hari dan sudah lunas terbayar, dan ketika itu adalah hari kedua puasa syawal (duenk. . . huhu,sebagai orang yang lebih muda dan lebih tangguh, saya merasa malu. Asli..). padahal saat itu saya bersilaturahim di hari ke 10.

Hemm, kekhawatiran saya ternyata tidak hanya pada diri saya, beberapa saudara-saudara saya juga mengalami hal serupa. Dengan targetan amal harian yang menurun.. bahkan drastic..

Sms yang cukup berat buatku karena akupun juga merasakan hal yang sama dengan saudaraku itu, kemudian ku membalasnya sebagai pengingatan bersama saja terutama untuk diriku sendiri.
“ We have the same condition ukh, mungkin kita harus memperbaiki hubungan kita dengan Alloh dulu ukh, baru kita akan mendapatkan efek yang baik.
Pasca ramadhan muncul gejala futur karena 1 bulan lebih kita ‘merasa’ digenjot habis-habisan.
Berhenti sejenak saja dulu untuk melanjutkan aktifitas kita, tentunya dengan mengharap ridho Alloh .

Dan konsisi sekarang memang harus memaksa kita untuk beribadah. Harus dipaksa. Dan Ayo sama-sama memaksa diri kita untuk beribadah”

Ya, saya juga merasa agak futur dengan kondisi yang seperti ini. Tidak hanya berefek pada semangat dalam beribadah saja, tapi ke semua aktifitas. Ya bisa dilogika, kalau hubungan kita dengan Alloh saja kita merasa jauuuuh sekali, apakah semuanya yang berkaitan dengan Alloh akan merasa baik-baik saja??

Apa ada kegiatan yang tidak melibatkan Alloh sedikitpun, walau hanya sebentar? No no no, tidak ada sutu kegiatan yang tanpa melibatkan Alloh sedetikpun

Oleh karena itu, untuk pengingatan kita bersama saja, bahwasanya ketika kita tidak bisa mempertahankan semangat ramadhan kita, maka kita harus memaksa diri kita untuk itu. Untuk beribadah pada Alloh, dan perbaiki hubungan kita dengan Alloh.

Bilakah ramadhan bertanya kepada kita tentang hasil tarbiyahnya,
Masihkah kita berdiri di malam hari setegak seperti ramadhan?
Masihkah tilawah semerdu ramadhan??
Masihkah sodakoh seramai saat ramadhan?
Masihkah sholat shunnah menghiasi hari seperti saat ramadha??

Semua pertanyaan itu hanya kita yang bisa menjawabnya..

Surakarta, 13 September 2011

2 thoughts on “Apakah kau juga mengalami kegelisahan yang sama??

  1. Hem..kdg memg perlu d paksa..tp ktk qt dpt mraskn nkmaty brkholwt dgn Nya.dan efeky..insyaAlloh qt akn sll mjg dr qt untk ttp smgt!
    Dan 1 lg..ingt trus akn kmtian dan khdpan hr akhr..

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s