Akhir Tahun 2011


Pertengahan Desember tahun 2011, ternyata tahun ini mau berganti 2012. Beberapa mimpi sudah terealisasi, tetapi banyak juga yang belum terealisasi. Yang seharusnya menjadi targetan tahun ini terpaksanya harus menjadi targetan tahun kedepan. Muhasabah diri, itu bahasa kerennya ^_^

Dan sepertinya di akhir bulan pada akhir tahun ini adalah waktu terbaik untuk mengevaluasi diri kita sendiri. Hal ini yang sering terabaikan dalam menjalankan hidup ini. Tujuan hidup ini saja sering harus diingatkan apalagi untuk merencanakan dan evaluasi (ups curcol). Yah, sangat tersiksa sekali jika idup ini selalu ngalir begitu saja tanpa tujuan, yang bisa dilakukan ya dilakukan yang tidak bisa “ya sudahlah” (singing Bondan’s song).. Haiiiih, Gregetan dengan diri sendiri jika sedang dalam kondisi seperti itu.

Diingatkan kembali oleh seseorang tentang pengenalan diri sendiri. Kalau dahulu kala sering membuat perencanaan strategis dari penjabaran SWOT dari mulai penjabaran SWOT tersebut sampai waktu targetan yang diinginkan. Masih ingatkah SWOT? Yap itu adalah Stenght, Weaknes, Oppotunity, and Treat.

Tentang kekuatan diri sendiri, sebenarnya potensi kita itu apa saja sih? tidak ada seseorang itu tanpa ada potensi, dan masing-masing individu mempunyai potensi yang berbeda-beda. Tentang kelemahan kita, ada kelebihan pasti ada kekurangan. Karena nobody’s perfect guys..

Semuanya tentang teori (ilmu) dan pelaksanaan (amal). Setelah dicari-cari tentang kelebihan kita, eh ketemu.. tapi pada prakteknya tak semudah yang diteorikan, udah ketemu ayuh segera dilaksanakan itu kata teori. ( heee, ngeles). Sering kali ketika kelebihan ditemukan, kemudian secara berurutan dijabarkan dalam juknis dan juklak. Tetapi di lapangan malah sering “gubrak”. Aih aih…

Kemudian setelah itu tentangOpportunity(Kesempatan), dengan kedua hal kelebihan dan kekurangan kira-kira kita bisa berbuat apa ya? Mix and match. “Ambil kesempatan itu atau tidak sama sekali, karena kesempatan tidak datang dua kali” itu kata seorang bijak. Dan setelah kita usaha-kemari tetapi hasilnya memang kita ditakdirkan disini (poisisi sekarang) ya itu takdir (heeeee, pasrah bangets). Ya memang manusia boleh berencana tapi tetap Alloh sebagai Penentu, ACC or no, tapi tetep berjuang terus sajalah..

Dan yang terakhir tentang Treat atau ancaman. Dan untuk ini saya tidak akan berbicara terlalu banyak, karena nanti bisa jadi OT (Omong Thok). Mungkin dari pengalaman yang telah saudara alami ada kisah yang sangat menginspiratif yang dapat dijadian hikmah tersendiri, masukan buat saya dan mengispirasi buat orang lain.

Semoga di tahun kedepan bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Bekerjalah untuk akhirat maka dunia ini akan kita dapatkan..

5 thoughts on “Akhir Tahun 2011

  1. Yups,..
    Setuju,… memang setiap pribadi punya kelebihan masing-masing, unggul di tempat berbeda-beda,..

    Eh, Ulf, sebenarnya SWOT itu Strength – Weakness – Opportunity – Threat (Kekuatan – Kelemahan – Peluang – Ancaman), kecuali kalau trainer kita beda

    Ohya, lebih enak mengatakan “nobody’s perfect” daripada “nobodies perfect”
    :mrgreen:

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s