Kowe, Kau, Kamu, Dirimu, Njenengan, Panjenengan


Kalimat panggilan yang bermakna sama kan? Disebut apa ya namanya kalau dalam ilmu kesastraan?? Ah panjenengan lebih tau lah. =D.

Saya hanya akan mengangkat topic tentang penggunaan 6 kata sapaan tersebut. Setidaknya 6 itu yang sering saya temui dan sering saya gunakan. Mungkin masih banyak lagi seperti “Rika, You, Antum, Anti, dan muasih banyak lagi dah.

Dalam keseharian saya lebih sering menggunakan kata “dirimu dan kau” sebagai percakapanku. Kenapa? Karena saya merasa itu lebih sopan dari pada ku mengucapkan “kowe”, ya itu kan bahasa jawa dan saya juga orang jawa. Yah ini hanya perasaan saya saja kali ya tentang halus atau tidaknya. Jadi yang sering berinteraksi dengan saya pasti tahu bahwa saya sangat jarang sekali menggunakan kata “kowe”. Tapi jika kau memanggilku dengan kata “kowe” tak masalah bagiku. Yang penting saya tidak melakukannya padamu.. =D

Bukan berarti yang sering keceplosan kupanggil kowe itu bukan orang yang kuhargai lhu ya. Dan jangan berpikiran macam-macam bagi yang kupanggil kau atau dirimu, itu gayaku sajah dalam seni memanggil saudara. (aih aih…heeee)

Kata “Koe” menurutku itu kurang santun. Jika ada seorang anak yang berkata pada orang tua dengan kata “koe” behhh, kata bang Roma itu “ Sungguh Teerlaaluu”. Kagak ada sopan-sopannya ama orang tua.

Kata kau dan dirimu itu sering kugunakan untuk teman sebaya dan yang lebih muda dibawahku. Atau kalau tidak saya lebih sering memanggil namanya. Misalnya, “ Hanif sudah makan? atau kalau kalo pake logat bahasa jawa “kau wis maem rung?” nah ntu lebih santun dari pada bilang “ kowe wis maem rung?” haaa, ntu ngajak maem atau mau ngajak Gelud??

Sedangkan kata “Njenengan / Panjenengan” itu sering kugunakan untuk orang yang lebih tua. Apakah kakak tingkat, bapak, ibuk, atau sang sesepuh lah. Wah segila-gilanya saya, saya masih punya sopan santun dalam memanggil, heee.
Enywey, panggilan apapun untuk saya tak masalah, apakah mau manggil dengan nama, kau, dirimu, njenengan, atau kowe pun it’s wokeehhh.. Tapi tidak untuk saya, ada panggilan special untuk anda, karena saya menghormati anda sebagai saudara yang luar biasa bagi saya..

8 thoughts on “Kowe, Kau, Kamu, Dirimu, Njenengan, Panjenengan

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

