Muhasabah Diriku


09 April 1988 menurut akta lahir dan pengakuan keluargaku saya terlahir. Banyak orang menyebutnya sebagai hari ulang tahun ketika tanggal itu. Heheee, terus terang saja saya tidak pernah merayakannya. Toh umur saya bertambah tua, kenapa harus dirayakan ya??😀 bukannya tambah sedih?? Tapi gak juga dink, karena tua itu pasti dan dewasa itu adalah pilihan.
Banyak dari kita yang bertambah tua yang diikuti bertambahnya dewasa seseorang dalam menyikapi peristiwa yang menimpanya. Tapi banyak juga yang seiring bertambahnya usia, tapi cara berpikirnya masih saja tidak dewasa.
Menurut saya, dewasa itu tidak identik dengan kekanakan yang ada, bukan kalimat ‘Jika sikap childish itu masih ada maka bukan disebut dewasa’. Saya lebih mengartikan dewasa itu bagaimana kita bisa mengambil hikmah dari banyak kejadian yang menimpa kita. Banyak kejadian yang menimpa, baik kejadian manis, bahkan pahit sekalipun. Tertawa dan menangis adalah expresi dari efeknya. Tetapi yang terpenting adalah setelah itu, pelajaran apa yang bisa kita ambil menjadi kesimpulan.


Beginilah cara Alloh mendidikku, untuk menjadi seseorang yang kuat dalam terpaan badai Nya, untuk menjadi seorang yang peka atas pesan yang ingin Dia sampaikan kepadaku.

Rasa senang itu tak abadi, maka janganlah terlena karenanya. Pun rasa sakit itu juga tak abadi, maka jangan terjembab dalam kesedihan terlalu lama. Kita berhak untuk bahagia atas kepahitan yang menimpa. Tak ada peristiwa yang terjadi tanpa adanya maksud yang akan ia sampaikan pada kita. Saya sering menyebutnya “Ra ono rigoling godhong kajobo kersaning Gusti Alloh” artinya tidak ada daun yang jatuh kecuali karena Alloh menghendakinya. Daun saja yang nota bene sering berjatuhan tanpa ada seorang pun manusia yang mempedulikan itu atas kehendakknya, apalagi kita seorang manusia yang lebih sempurna dari makhluk ceptaan Nya??

Ketika sedih melanda diri kita ucapkan pada diri sendiri “Heeey, jangan lebay deh dengan terlarut dengan kesedihan . Jangan dikira kau saja yang sedang bersedih sampai-sampai menganggap Alloh tak adil atas takdir yang menimpa, dan merasa diri ini adalah orang tersedih sedunia”. Bolehlah menangis, tapi seketika itu saja dan jangan diulang-ulang meweknya (khususnya kaum hawa nih). Menangisnya sama Alloh saja ketika sedang berkhlawat dengannya, InsyaAlloh lebih melegakan daripada mewek sambil mengumpat orang yang membuat kita bersedih. Heheee

Dewasa dalam arti seseungguhnya, hemmm.. sudahkah diri kita bersikap dewasa?? Bukan karena lewat tulisan yang bijaksana saja bisa disebut dewasa, beuuuuu.. Penipuan publik itu namanya (Jadi jangan mengira saya seorang yang dewasa ya) heheee, tapi InsyaAlloh proses untuk selalu kesana. Karena setelah ilmu itu adalah amal, setelah mendapatkan ilmunya, maka mari segera mengamalkan.😀

Seiring bertambahnya usia semoga saya termasuk orang yang peka atas pesan yang mau Ia sampaikan padaku, tidak kufur nikmat dan memahami makna atas doa-doa yang saudara-saudaraku kirimkan lewat short Message dan (mungkin ada lagi lewat media lain)hari ini. Semoga doa dan pengharapan itu bisa tercapai, amin..

Jazakumulloh Khairon Katsiran teruntuk saudaraku semuanya.. ^_^

Klaten, 09 April 2012

17 thoughts on “Muhasabah Diriku

  1. sikap dewasa memang tidak bisa di tentukan oleh umur..
    seseorang yang sudah menikah akan bersikap lebih dewasa di banding orang yang umurnya lebih tua tapi belum menikah.. ini hanya pengalaman saja.

    oh iya selamat ulang tahun.. semoga dengan bertambahnya usia akan semakin bertambah dewasa…

  2. Selamat Ulang Tahun yang ke 24, Ulfah Uswatun Hasanah…
    Semoga semakin bijak seperti yang diharapkan dan semoga semua pengharapannya bisa segera tercapai… Aamiin……🙂

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s