Mushola Apung UGM


Mushola itu tidak begitu besar, karena kalau besar pastilah namanya masjid😀 . Mushola Apung  UGM sangat indah menurut saya. Konsepannya mengutip dari Al Qur’an “Bangunan yang dibawahnya mengalir sungai-sungai”. Yah, mungkin pemandangan di Syurga lebih indah dari di dunia, tapi bagi saya mushola ini ngartistik. Lebih ngartistik dari mustek UGM apalagi mustek UNS heheee😆

Mushola ini berada di atas air yang mengalir dibawahnya dengan berbagai jenis ikan berenang di dalamnya. Di sisi utara terdapat  jembatan kecil dengan lobang lingkaran berjajar tempat mengalirnya air. Jembatan tersebut merupakan jalan masuk bagi para ikhwan menuju mushola apung. Sedangkan untuk akhwat, ada 2 jalan turun menuju mushola dihubungkan dengan jembatan yang tak terlalu panjang.

Kalau saya taksir dimensinya kurang lebih 20 x 18 meter (itu taksiran manual saya berdasar pengamatan saya). Konsepan mushola terbuka dengan jendela sampai bawah dan dipagari dengan besi stainlesteel. Partisi dinding dilapisi batu alam buatan berwarna putih tulang. Lantai utama lebih tinggi 15 cm dengan lantai dasar dan dipinggirnya dilapisi batu buatan berwarna hitam.

Atapnya berupa dak dan tepat ditengah dilubang berbentuk lingkaran dengan atap fiber glass yang berbentuk limas segi empat. Kerangkanya besi bercat hitam. Tampak dari luar terdapat 2 besi yang dilingkarkan setengah lingkaran saling tegak lurus mengcover atap limas segi empat tersebut.

Konsepan tersebut membuat jama’ah yang berada didalamnya merasa sejuk dan asri  karena air yang mengalir dibawahnya, beserta tiupan angin sepoi sepoi membuat tambah nyaman. Namun tidak terlalu kedinginan karena masih bisa terkena sinar matahari dari atap yang transparan sehingga cahaya tetap bisa masuk tanpa kepanasan. What a wonderful masjid..😀

25 thoughts on “Mushola Apung UGM

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s