All iz well


Hemmm, siapa tak tau tagline ini “All iz well”. Memang hebad bener nih sutradara ‘Amir Khan’ dalam menggarap pesan yang mau disampaikan. Tak rugi saya mengefens-nya, mengalahi Syahruk Khan dan Salman Khan kala masih SMP:mrgreen:

Saya tertarik tentang ulasannya asal kata Aal iz well yang direkomendasikan untuk kedua kawannya atas kekhawatiran yang berlebihan dari teman sekamarnya, Raju rastogi dalam filmnya ‘3 Idiot’.

“Aall iz well”, kata rancho “Hei, di desaku ada seorang tukang ronda, setiap malam dia berteriak ‘aal iz well’, dan itu membuat kami tidur nyenyak… Suatu malam, ada pencuri di desaku. Kemudian kami tau bahwa si peronda itu ternyata buta, dan dia masih juga berteriak ‘Aal iz well, aal iz well!’. Kami jadi seperti orang bodoh. Namun kami jadi menyadari sebuah kenyataan, hati kami ternyata pengecut..! itu membuat kami mudah dikelabuhi. Jika ada permasalahan dalam hidupmu, katakan ‘Santai say! Semuanya akan baik-baik saja! ‘aal iz well aal iz well”

“Apa dengan perkataan seperti itu permasalahan akan selesai?”, Tanya Raju Rastogi yang sedang galau saat itu😀

“Tidak!”, rancho berkata dan melanjutkan “Tapi kekuatan yang tertahan akan terkumpul”

Masing-masing orang akan dipertemukan dengan masalah yang beda dan akan dihadapi dengan cara masing-masing. Bahkan perbedaan masalah yang beragam, satu permasalahn yang sama pun akan ditanggapi berbeda satu sama lain.

Sebagian orang mendramatisir masalah, sebagian menyalahkan keadaan sekitar maupun mengkambinghitamkan orang lain.  Namun ada juga pribadi yang selalu bersyukur atas permasalahan yang ada dan tak menyalahkan keadaan, dia selalu mengatakan kepada dirinya sendiri “Ya Rahman Ya Rahim”. Alloh Maha Pengasih, Alloh Maha Penyayang. Alloh Maha Tahu sedangkan kita tidak tahu apa-apa.

Layaknya rancho yang selalu mempunyai mantra ajaib di setiap permasalahannya, bukankah kita juga mempunyai mantra yang lebih tangguh dari All Iz Well?? All iz well memang menenangkan karena itu sebuah mantra keyakinan yang bermakna ‘Tenang, semua akan baik-baik saja, everything is fine’. Namun Ya Rohman Ya Rohim mempunyai makna lebih dari ‘baik-baik saja’. Alloh Maha Pengasih dan Maha Penyayang, tak kurang-kurangnya stok kasih sayang itu ditumpahkan kepada kita. Hanya saja kita yang tak peka terhadap kasih sayang Nya saja.

Alloh tak membutuhkan ketaatan kita, entah kita mau khianat ataukah takwa. Alloh selalu saja memberikan kasih sayang ini kepada kita. “Pekalah… pekalah.. terhadap kasih sayang Alloh yang disampaikan melalui rentetan peristiwa yang sedang kita alami”. Memilah hikmah yang bisa kita ambil dibalik tetasan peluh dan alilran air mata. Maka dari itu selalu ada kata “Jika kalian berfikir, untuk menegur kita yang ‘kurang peka’ dengan kasih sayang Alloh yang telah diberikannya lewat didikan-Nya.

Wahai jiwa, tenanglah dalam lara, percayalah bahwa janji-Nya adalah nyata
Wahai hati, bersabarlah dalam menanti, yakinlah janji-Nya pasti, pada akhirnya kebahagiaan lah yang kelak diraih
Jangan pernah ragu dengan kehendak-Nya. Dia lebih tau mana yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya
Wahai raga, tetaplah istiqomah dalam asa, cinta yang suci sedang menguji keimanan kita
Seberapa kuat kita saat tertatih, dan seberapa tegar kita disaat rapuh
Segala uji dan coba-Nya tak pernah ada yang sia-sia. Di balik itu semua pasti ada hikmah

Dan keberkahannya, bersabarlah untuk suatu keindahan

Jadi ketika permasalahan itu melandamu saat ini ucapkan “Ya Rahman Ya Rahim…” Sesungguhnya hanya Engkau yang mengetahui keadaan hamba saat ini dan Engkaulah Yang Maha pengasih dan maha Penyayang, Hasybialloh… cukuplah Alloh bagikku”

Dan suatu hari kemarin ada yang berkata begini kepada saya “Allah tu sayang kok mba. Sayang nya itu dengan jalan beragam yang Dia kasih. Ya kayak dirimu itu Tinggal cari maksud kejadian yang sedang melanda”. Subhanalloh.. ternyata saya yang kurang peka terhadap-kasih sayang-Nya…😥

Klaten 19 September 2012

40 thoughts on “All iz well

  1. kata orang persepsi kita menentukan mudah gaknya kita menyelsekan masalah🙂

    jadi bener bgd tu kata om Amir, klo harus menganggap semuanya akan baik baik sja, maka semua pasti akan baik baik saja, InsyaAllah🙂

    cemunguuuudd

    • 🙂
      hiyaa… Semua mempunyai mantra tersendiri ketika ingin rasa nyaman akan kedekatannya. Hasybiallah… Cukuplah Alloh bagiku, karena Dia yang tau apa-apa ihwal ciptaan-Nya..
      Trimakasih sudah berkunjung. salam kenal😀

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s