RondeWalking


Semburat kuning kemerahan terlukis di depan mata. Amboi indahnya. disertai Hembusan angin memainkan jilbabku berkibar.
Melihat, mendengar serta merasa tentang jihad seorang ibu. Ya, menjenguk saudara pasca melahirkan.
Hari mulai gelap. Sang mentari menghilang sebentar untuk bangkit kembali bersinar esoknya.

Menikmati berkhalwat dengan di  kekasih hati. Khidmat. Di masjid terdekat.

Aku mau pergi ke luar pulau,”, katamu malam itu.
Haah!,” mataku terbelalak kaget. “Bercanda kau,” lanjutku.
enggak, aku serius, mungkin 2 tahun kedepan kita tak bisa seperti ini lagi.”
Semua terdiam.
Apa cita-citamu?,” kataku memecah keheningan sambil menyeruput wedang ronde.
Aku ingin mencari pengalaman sampai keluar pulau, merasakan atmosfer yang lebih dahsyat dari hidupku sekarang ini. Dan entahlah, aku ingin berada di dunia yang lain dari warna hidupku.” Berbinar. Pandangannya menerawang jauh. Tapi ada seberkas kekecewaan di sudut matanya. Kekecewaan pada seseorang yang telah menapakkan segores perih.
Aku tersenyum sembari melanjutkan minum wedang rondeku.
Aku tau, orang sepertimu itu tidak bercita-cita untuk berkarir, tapi cukup menjadi istri yang sholihah” katamu lagi dengan nada menyindirku
Ahahahaaaaa, kau ini.” Tawaku renyah sambil menepuk bahunya. Agak keras.

Kau tau saudaraku? Banyak sekali mimpi-mimpi di dalam kepalaku ini. Menjadi istri yang sholihah. Ya itu salah satu mimpiku. Menjadi orang pertama untuk melayani suami, menjadi orang pertama yang mendengarkan ceritanya, menjadi orang pertama tempat dia bersikap manja kekanak-kanakan, dan segalanya untuk sang suami.

Tapi taukah kau saudaraku? Ada mimpi besar lain yang menjadi sebuah efek dari sekedar menjadi istri yang sholihah. Yaitu menjadikan anak-anakku kelak sebagai Qawwam di negeri ini. Ya, aku tak pernah bercita-cita menjadi wanita kantoran dengan seragamnya yang stylist dan sepatu high heelsnya. Ya, aku tak bercita-cita menjadi jajaran wanita cantik yang dinikmati orang banyak dengan banyaknya perhiasan yang menyandang, dan aah entahlah. This is me, just the way I’ am with my unic imagine.

Banyak ilmu yang dapat diambil dari pejuang seorang wanita dengan berpendidikan tinggi yang pada akhirnya bisa membuat anaknya menjadi orang yang ‘hebat’ dengan ijazahnya S1, S2 bahkan S3 nya dengan tidak menjadi wanita karier.

Hmmm, sebuah visi dan misi baik vertical maupun  horizontal. Hear, look, think,  then do It. Trust is more than a hope..

Seandainya mencadi istri yang sholihah itu semudah kau berkata “hanya cukup menjadi istri Sholihah”🙂

40 thoughts on “RondeWalking

  1. Pingback: muslim

    • Berkhalwat itu artinya berduaan mb yish.. Dengan kekasih hati maksudnya Allah dalah arti sesungguhnya sholat.. karena pas itu dilakukan diwaktu senja maka sholat magrib😀
      Qawwam semakna dengan kata qayyim. Artinya adalah pemimpin, pembesar, sebagai hakim dan pendidik, yang bertanggung jawab atas pengaturan sesuatu. Namun kata qawwam memiliki arti yang lebih dari qayyim..
      silakan dikulik sini mbak yish [http://bit.ly/QFAVqu]😀

      • Bekerja itu, menurut versi saya, saya sederhanakan menjadi. Wanita karir,. Riset / peneliti, Sosial, dan bekerja karena bakat. Jika wanita karier itu lebih ke kepuasan pribadi untuk bisa berkarier di dunia pekerjaan. Sedangkan riset ini tidak hanya berorientasi pada uang, tetapi hasil ilmu pengetahuan yang berkutat di bidang penelitian.
        Dan yang sosial itu bisa bermacam2, bisa untuk mengisi waktu luang, dan apapun tapi tak orientasi ke pendapatan. Karena untuk nafkah yang wajib tetap di suami, jikapun istri terpaksa bekerja, maka itu adalah sedekah.
        nah untuk bakat sendiri kan banyak keahlian, dimulai dari hobi tetapi bisa menghasilkan uang. Bisa membersamai anak tetapi juga bisa berkarya dan menghasilkan uang.

        Ada juga yang berkarier tetapi bisa membagi waktu antara keluarga dan kerjanya. Yah, Itu adalah pilihan😀

      • tidaak, kalau bisa jaga waktu..
        Saya juga tidak menjudge wanita karir buruk lho. Tapi agak sedikit membela diri bagi yang non wanita karir. Begituuu😀

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s