Nyantri


Tiap pagi radio selalu menyala keras-keras. Sambil mbantuin ibuk . MH Fm kepanjangan Manajemen Hati yang berlokasi di Solo selalu terpanteng. 92.1 fm.

Setiap pagi jam 6.30 kajiannya sudah dimulai. Kadang Aa’Gym yang mengisi, tetapi jika aa’ Gym tidak bisa selalu digantikan dengan ustad yang lain. Pagi tadi tanggal 17 Oktober 2012 tema kajiannya adalah tentang “Ihsan”

(bahasa Arab: احسان) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti “kesempurnaan” atau “terbaik.” Dalam terminologi agama Islam, Ihsan berarti seseorang yang menyembah Allah seolah-olah ia melihat-Nya, dan jika ia tidak mampu membayangkan melihat-Nya, maka orang tersebut membayangkan bahwa sesungguhnya Allah melihat perbuatannya.

Berdasarkan hadist riwayat Muslim dari Abu Hurairah ra.:

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: Pada suatu hari, Rasulullah SAW muncul di antara kaum muslimin. Lalu datang seseorang dan berkata: “Wahai Rasulullah, apakah Iman itu?”. Rasulullah SAW bersabda: “Yaitu engkau beriman kepada Allah, kepada malaikat-Nya, kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, para utusan-Nya, dan beriman kepada Hari Kebangkitan akhir“.
Orang itu bertanya lagi: “Wahai Rasulullah, apakah Islam itu?”. Rasulullah SAW bersabda: “Islam, yaitu engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan apapun, mendirikansalat fardhu, memberikan zakat wajib dan berpuasa di bulan Ramadhan“.
Orang itu kembali bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah Ihsan itu?”. Rasulullah SAW bersabda: “Yaitu engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak mampu melihat-Nya, maka ketahuilah bahwa Dia selalu melihatmu“.
Orang itu bertanya lagi: “Wahai Rasulullah, kapankah Hari Kiamat itu?”. Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang menanya. Apabila ada budak perempuan melahirkan majikannya, maka itulah satu di antara tandanya. Apabila ada orang yang semula miskin menjadi pimpinan manusia, maka itu termasuk di antara tandanya. Apabila orang-orang yang tadinya menggembalakan ternak saling berlomba memperindah bangunan, maka itu termasuk di antara tandanya. Ada lima hal yang hanya diketahui oleh Allah“.
Kemudian Rasulullah SAW membaca Surat Luqman ayat 34: “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya saja lah pengetahuan tentang Hari Kiamat dan Dia lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada di dalam rahim. Dan tiada seorang pun dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal“.

Kemudian orang itu berlalu. Lalu Rasulullah SAW bersabda: “Panggillah orang itu kembali!“. Para sahabat beranjak hendak memanggilnya, tetapi mereka tidak melihat sesuatu pun. Maka Rasulullah SAW bersabda: “Itu tadi adalah Jibril, yang datang untuk mengajarkan kepada manusia tentang agama mereka“.

Sedangkan Ihsan kepada manusia adalah berlaku baik dengan orang tua kita. Memenuhi hak-hak orang tua kita ber-wirul walidain, berbuat baik pada tetangga serta memenuhi hak untuk tetangga kita.

Setelah mendengar kajian tadi pagi jadi terlintas ‘Pengen nyantri ke Darut Tauhid’. Belajar secara keseluruhan tentang ilmu agama yang sekarang ini masih dangkal. Hmmmm…

Klaten, 17 Oktober 2012

27 thoughts on “Nyantri

  1. Pecinta MH FM ya. Dah lama ga dengar radio ini. Dulu saya pendengar setia bersama his fm. Tapi sekarang dah banyak radio dakwah di kota solo, dari yang keras sampai yang lemah lembut.

    • Dulu sering dengar MH pak, teruus seiring perkembangan jaman kok acaranya banyak lagu2 jahilnya ya. Jadi MH hanya saya setel pas pagi hari saja pak.😀
      RDS juga pak, kalo hiss sudah ndak nyaut di klaten..

  2. hmmm… jateng banyak banget radio dakwahnya ya Onichan..
    klo di Malang, ada RDI an-nur 100,5 fm.
    saya sangat setuju tuh klo onichan juga nyantri ke sanah..
    salam suatu saat jika jadi buat aa’ ya, pas di malang kami ketemuan di masjid..🙂
    si Aa’, tawadhu’ insya Alloh..

    • iya, lumayan banyak pak. Ada yang hanya murotal dan kajian aja, dan yang sudah bercampur aduk dengan lagu jahil juga ada pak.😀

      Sangaat pengeen.. tapi entahlah pak bisa ato tidaknya😀

      • Insya Alloh bisa,, bukankah sudah dipromokan man jadda wa jada oleh salah satu pilem indon.. dan semuanya harus dikembalikan ke niat awalnya..

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s