Dia, Sosok lelaki kuat itu


Dia adalah seorang yang sangat tegas. Badannya tinggi besar dan suaranya pun lantang. Dia adalah seorang yang bijak ketika bertutur. Setiap perkataannya selalu saja berlandaskan Al-Qur’an dan As Sunnah.

Seorang pemimpin yang disegani oleh rakyatnya. Sosok itu dikenal dari gaya hidupnya yang sederhana, alih-alih mengadopsi gaya hidup dan penampilan para penguasa di zaman itu, ia tetap hidup sangat sederhana. Tidak berpenampilan necis, bahkan tak satupun pakaian yang dikenakannya bebas dari tambalan.

Pernah suatu kali seorang sahabat mempersiapkan segala pernak-pernik yang berkenaan dengan suatu acara yang tidak seperti biasanya. Lengkap dengan pakaian yang bagus, dan perlengkapan lainnya. Ketika sahabat itu memintanya untuk berganti pakaian, ia segera menolak permintaan tersebut seraya berkata “ Kita adalah kaum yang dimuliakan Allah dengan islam. Dan jika kita mencari kemuliaan dari selain-Nya pasti Allah akan menghinakan kita”

Subhanalloh, bahkan setelah meninggal ia memberikan sebuah wasiat untuk rakyatnya :

  1. Jika engkau menemukan cela pada seseorang dan engkau hendak mencacinya, maka cacilah dirimu. Karena celamu lebih banyak darinya.
  2. Bila engkau hendak memusuhi seseorang, maka musuhilah perutmu dahulu. Karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya terhadapmu selain perut.
  3. Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah.
  4. Jika engkau ingin meninggalkan sesuatu, maka tinggalkanlah kesenangan dunia. Sebab apabila engkau meninggalkannya, berarti engkau terpuji.
  5. Bila engkau bersiap-siap untuk sesuatu, maka bersiplah untuk mati. Karena jika engkau tidak bersiap untuk mati, engkau akan menderita, rugi ,dan penuh penyesalan.
  6. Bila engkau ingin menuntut sesuatu, maka tuntutlah akhirat. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya.

Kau tau siapa dia?

Seorang yang bertubuh tinggi besar. Bahkan suara dehemnya saja membuat para setan lari terbirit-birit. Jika ia berkendara dengan kuda maka kakinya akan terseret menyambar tanah dikarenakan tubuhnya yang besar. Suaranya keras dan lantang, sampai-sampai setan menakutinya. Memilih jalan lain yang sekiranya tidak berpapasan dengannya.

Ah, bahkan Michel H.Hart mencantumkankan namanya di urutan ke 51 sebagai “The most Influence in the world”

Bahkan kepemimpinannya melebihi jabatan seorang presiden. Karena ia memimpin beberapa Negara bagian yaitu negara Mesir, Palestina, Syria, Afrika Utara dan Armenia dari kekaisaran Romawi (Byzantium).

Edisi Tokoh Hebat

36 thoughts on “Dia, Sosok lelaki kuat itu

  1. Bahkan suara dehemnya saja membuat para setan lari terbirit-birit. >>> baca bagian ini, sudah pasti kalau sosok pemberani itu adalah Umar bin Khatab, khalifah ketiga setelah Abu Bakar Ash-shidiq😉

  2. Ndak tahu, di gogling kok keluar ini ?

    49 René Descartes Filsuf Rasionalis dan matematikawan
    50 Umar bin al-Khattab Khalifah Ar-Rasyidin kedua, memperluas Daulah Khilafah Islamiyah.
    51 Paus Urbanus II Penyeru Perang Salib

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s