Selimut yang tak menghangatkan


Saya tertarik dengan kalimat ini yang saya dapatkan dari status Fesbuk. Adakah yang tau maknanya atau asal muasalnya?

“Selimutmu takkan menghangatkanmu jika selimutmu dalam keadaan basah”

Setelah bertapa semalaman di malam yang sunyi (baca : tidur) saya sudah agak faham dengan maksud kalimat itu.

Jika selimut itu berfungsi sebagai penghangat seseorang ketika tidur, maka selimut itu sangat berarti / berguna bagi orang tersebut. Nah jikalau selimut itu basah, belum tepat untuk digunakan. Karena selimut itu musti melalui tahap pengeringan maupun penyeterikaan. Jika masih dipaksakan malah pemakainya akan kedinginan.

Ada yang mengartikan perumpamaan itu “ilmu yang tidak tepat akan membuat bencanaโ€ . Nah untuk perumpamaan lain yang sepadan bisa dijabarkan ke berbagai makna.๐Ÿ™‚

Permainan kata memang sesuatu๐Ÿ˜‰

53 thoughts on “Selimut yang tak menghangatkan

  1. Seperti yang saya katakan, tergantung suasana. Kalau dari sudut persahabatan bisa saja berarti “sikapmu tak lagi sesuai dengan ikrar persahabatanmu.” Bukankah seorang sahabat mesti setia dalam suka dan duka, selalu ada meski hanya dalam rasa…

  2. Wah kalau begitu, selimut yang basah tak lagi berfungsi layaknya sebagai selimut dong. Memang permainan kata bisa menimbulkan bermacam makna, tergantung pada suasana. Saya senang dengan ide tentang “selimut” ini…

  3. aneh sih ya kalo ada yang make selimut basah buat tidur. sama anehnya dengan orang yang ngomong tanpa tahu ilmu yang mendasari omongannya. berarti di indonesia banyak orang aneh ya Mba..

  4. mungkin bisa jg, in the right man in the right place … (komentar paling ngawur)
    serahkan semua pada yg ahli dalam bidangnya masing2 …
    atau do’a yang belum terkabulkan ya ? karena kita tidak bersungguh2 dalam meminta petunjukNya …

  5. Jadi ingat dulu pernah baca ada padepokan tertentu di pegunungan Himalaya, Tibet, yang melatih para muridnya dengan meditasi di tengah salju dengan diselimuti selimut basah sepanjang malam. Pagi harinya, selimut itu sudah kering dan salju di sekitar para murid yang diuji itu mencair beberapa centimeter karena panas yang dihasilkan tubuh mereka.

  6. nah, kalo selimutnya basah, ganti aja pake karung goni…:mrgreen: uaaangeeet + guateeel…
    tu status ABG, Anak Baru Galau…๐Ÿ˜†

  7. Ukhty yang cooool, yang Calmmmm, yang confident…mbok ya jangan filosofi, g da mapelnya di Islam… hehehehehehe:mrgreen:

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s