Baju Manten


Tentang baju penganten

Saya suka liat-liat baju penganten Malaysia. Entahlah, menurut saya model khas melayu sana itu sederhana tetapi elegant. Tidak begitu banyak pernik-pernik pada jilbab yang memberatkan kepala. Kalau model baju pengantin Indonesia modern sekaran ini menurut saya kok agak lebay yaks? Dari segi syariat juga tidak dianjurkan bukan? Jilbab yang tak menutup dada karena dimasukkan, sanggulan tempat menaruh hiasan yang menyerupai punuk unta, dan riasan terlalu cetar membahana. Heheee

Kenapa ya, wanita yang dimake up tebal itu menurut saya tidak tambah cantik? Apa hanya perasaan saya saja ya? Lain hal jika make up yang digunakan itu tipis dan natural, pewarna bibir juga tidak terlalu menor merah menyala tapi cukup memberikan warna berbeda dari biasanya.

Simple but elegant, itu yang sering kujadikan sebagai jargo. Etciyeeeh. Bukan hanya simple dalam berpakaian, berdandan, atau tampilan fisik saja, tetapi juga sikap yang simple tak berlebihan. Padahal saya sering lebay bin alay,๐Ÿ˜† hahaaa. Maksud saya lebay dalam hal ini malah lebih menonjolkan kewanitaannya, seperti berkata lembut yang dibuat-buat (kalo aslinya lembut saya suka), atau malah sering berkata kasar. Yah, bertindak yang simple saja, tidak terlalu bersemangat dan tidak loyo.

Baju pengantin Malaysia ini punya cirri khas, untuk pakaian laki-laki berupa pakaian koko, memakai peci, celana halus dan dibalut sarung setengah kaki. Nah, untuk pakaian wanitanya jilbab yang dikenakan seringnya dikeluarkan walau memang tak terlalu lebar, tidak ada punuk untuk menempel hiasan jilbab yang berlebihan, cukup aksesoris yang simple tapi cantik atau berupa rampel bunga dari kain, kemudian jilbab tersebut dilapisi dengan selendang yang dihiasi dengan bordiran atau hiasan yang cantik. Simple but elegant, arenโ€™t they?

Coba saja bandingkan dengan baju pengantin di Indonesia, terkesan boros aksesoris, banyak pernak-pernik ndak penting dan membuat berat kepala. Heu heuu.. Coba liat bedanya..

Baju pengantin Indonesia

Baju akad pengantin malaysia

Baju Pengantin Resepsi Malaysia

60 thoughts on “Baju Manten

  1. pasti milih malaysia ul? ati ntar diganti gugat pemerintah malaysia lho.
    aku pas dadi ngaten anger pake wedak fambo ora lipstikan tapi murabbiku protes pas ndelok fotoku dikiro aku ngowo gencu.

  2. saya juga lebih senang dengan yang simple namun tetap elegant. Aksesoris yang berlebihan, warna yang gemerlapan menurut saya justru mengurangi kenyamanan, baik yang memandang maupun yang mengenakan.

    • waaa, trimakasih abi sabila atas kunjungannya. Penulis dakwatuna, eramuslim, dll..
      Iya pak, ternyata yang memandangpun sudah tak sedap, apalagi memakainya. heheee
      Derita manten dengan banyak senjata tajam seperti peniti, jarum, dll yang menancap di kepala.๐Ÿ˜€

    • sepakat pak,.. kalo bapak dan istri dulu bisa diceritakan pak kostumnya? yang tak terelakkan lagi itu tentang bulu mata palsu tu pak.

      Baju akad pun di Indonesia kalau yang ndak pinter-pinter melobi ato mencari salon yang sip ada juga yang menor pak.

      • Alhamdulillah, kami sederhana saja kalo soal pakaian.. ya hampir persis dg gambar yg kedua, meski resepsinya dihadiri banyak pihak. Sebab istriku yg berjilbab memang gak mau neko-neko. Lha untuk mahar saja, beliau cuma minta dibacakan ayat Ash-Shaff 2-3, sederhana cuma dibacakan, tapi komitmennya kudu selamanya, pasti mbak Ulfah bisa nangkap maksudnya :))
        Selebihnya mahar berupa harta yg nilainya sedikit sekali. Karena bagian dari syi’ar (kebetulan kami sama-sama aktivist organisasi), kami sepakat untuk menjadikannya mudah saat pernikahan, jauh dari kesan yg berlebihan… agar mudah diikuti bagi yg belum menikah๐Ÿ™‚

      • subhanalloh pak.. itu proses yang saya inginkan kedepan pak…
        ndak neko-neko
        “komitmennya kudu selamanya” iya pak saya faham..
        hmmm, semoga kelak saya mendapatkan yang seperti itu pak..๐Ÿ™‚

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s