Keutamaan Wudhu dan siwak


Suatu hari ada percakapan antara pesakit (pasien) dengan dokter gigi.
“Sehari gosok gigi berapa kali mbak?” Tanya dokter pada pasiennya
“Wah, ndak keitung dok? Enam kali mungkin lebih. Setiap habis makan atau ngemil saya gosok gigi. Tapi kok sekarang malah sakit gigi ya?”
“waaaa, semangat sekali gosok giginya? Saya dokter giginya kalah. Saya saja Cuma 5 kali sehari. Ini sepertinya over dosis gosok gigi, karena terlalu bersemangat”

Ini kejadian nyata yang dialami oleh seseorang. Doski yang terlalu bersemangat menggosok gigi.

Saking pentingnya perkara kecil tentang menggosok gigi ini, sampai-sampai ada hadist yang membahas tentang ini. Namun kalau berlebihan juga tidak baik bukan? Sebenarnya antara siwak dengan pasta gigi memang berbeda khasiatnya.

Nah, ini nih keutamaan siwak :

* Mematikan berbagai bakteri penyebab penyakit gusi
* Menghancurkan plak secara efektif
* Membasmi karies gigi
* Menghilangkan Bau mulut
* Membuat wangi di mulut
* Efektif membersihkan sela gigi karena bulu paralel
* Mencegah mulut kering (xerostomia)

http://www.salimah.or.id/keutamaan-siwak-dibanding-pasta-gigi/siwak/

Berikut  keutamaan bersiwak

Bersiwak adalah sunah Rasululloh SAW. Dari Zaid bin Klalid Al Juhaini berkata “ Tidaklah Rasululloh SAW, ketika hendak keluar dari rumahnya karena suatu urusan untuk shalat melainkan beliau bersiwak (terlebih dahulu)” HR Thabrani

Sesungguhnya siwak itu menyucikan mulut lagi mendatangkan keridhaan Allah (HR Ahmad, An Nasai, Ibnu Khudzaimah, Imam Syafi’i)

“Keutamaan shalat denga siwak dengan shalat yang dilakukan tanpa siwak adalah 70 kali lipatnya “(HR Ahmad Al Bazar, Ibnu Khuzaimah)

 “Jika tidak aku menyebabkan kesusahan atas umatku, niscaya aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudhu” (HR Thabrani)

Dan sedikit tentang keutamaan berwudhu :

“Tiadalah bagi seorang mukmin atau muslim yang membasuh mukanya, maka keluarlah dari mukanya semua dosa yang dilihat oleh matanya bersama tetasan air sampai tetesan terakhir airnya; bila ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dari tangannya tiap dosa yang dilakukannya bersama air yang  mengalir sampai tetesan tetesan air yang terakhir; bila ia membasuh kakinya, maka keluarlah tiap dosa yang dilakukan kakinya bersama air yang mengalir sampai tetesan akhir terakhirnya hingga semua dosa bersih dari dalam dirinya” HR. Muslim

Demikian keutaman wudhu dengan siwaknya. Jika ditanya, amalan unggulan apa yang kau punya? Maka jika sholat tahajud masih goyang gayung, sholat dhuha masih saja pelit, shodaqoh masih belum lancar, tilawah Al Qur’an masih nunggu mud, shoum sunnah masih saja males. Bisa jadi dengan menjaga wudhu kita, itu bisa menjadi per tersendiri bagi kita untuk melambungkan kita menuju pintu jannahnya yang diperuntukkan untuk orang yang menjaga wudhunya.

Semoga bermanfaat. Artikel ini diambil dari catatan saya yang disadur dari majalah Nur Hidayah Surakarta edisi lamaaa sekali (lupa ndak dicatat di buku catatan)

Klaten, 10 Desember 2012

27 thoughts on “Keutamaan Wudhu dan siwak

    • bisa sih pak, tapi bedanya keseringan sikat gigi bisa merusak email gigi nah kalo keseringan bersiwak itu menyehatkan gigi😀

      heheee.. kemungkinan itu menyentuh bagian yang sensitif yang bisa mengakibatkan muntah pak. Untuk lebih maksimal sikat gigi, lebih baik lidah juga ikut disikat, tapi kalau salah tekniknya bisa muntah2 itu pak..

    • iya pak.. itulah perbedaan antara pasta gigi dengan siwak..
      Kalau di Indonesia memang bersiwak belum familiar, sevagai gantinya dengan menggosok gigi. Tapi ya itu kekurangan pasta gigi. Yang kasus temen saya itu juga akibat terlalu sering menggosok gigi. Yaah, sekedar menjaga kesehatan mulut menggosok gigi seperlunya saja. alangkah baiknya ya bersiwak😀

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s