Saya seorang Plegmatis yang damai


Dari dahulu saya tertarik dengan dunia psikologi. Pada awalnya karena saya suka membaca novel tentang kejiwaan. Pertama adalah novel karya Tetsuko Kuroyanagi yang berjudul “Totto Chan”. Siapa yang tidak tahu tentang buku ini? kurasa hampir semua tau (kecuali yang tidak tau:mrgreen: ). Selanjutnya karena saya hanya pembaca tebengan sejati dari mbak saya, maka saya hanya membaca yang tersedia saja.  Saya suka membaca buku karya Torey Hayden “Sheila” Luka hati seorang gadis kecil. Itu juga menceritakan tentang kondisi kejiwaan seseorang.

Lulus SMA saya berkeinginan untuk mendaftar di jurusan Psikologi Undip Semarang. Walaupun tanpa ridho ibu saat itu, dengan alasan semarang kaline sering banjir. Maka saya nekat tetap mencantumkannya di pilihan pertama saat SNMPTN tahun 2006. Ujian SNMPTN berlangsung di UGM jurusan Mipa. Ditengah ujian berlangsung terjadi kepanikan pada semua penghuni kelas dikarenakan ada gempa susulan setelah gempa 2006 yang melanda daerah jogja, klaten dan sekitarnya.

Qadarulloh, akhirnya saya tidak diridhoi untuk masuk Psikologi. Entah pilihan kedua saya tak begitu ingat. Yang jelas saya memang berambisi untuk masuk Psikologi saat itu.

Hingga pada akhirnya saya masuk ke D3 Sipil UNS, yang pada waktu itu saya sama sekali belum tau betul tentang apa itu teknik sipil. Saya memilihnya karena namanya terlihat keren saja, ada kata “Teknik”:mrgreen:

Yaah, saya adalah seorang Plegmatis yang damai. Kalau kamu??😀
plegmatis

54 thoughts on “Saya seorang Plegmatis yang damai

  1. Hai Teman teman, apa kabar sahabat sekalian.
    ini group makin sunyi aja sih, kalau begitu aku aku mau sharing dan meminta pendapat teman2 tentang ciri kepribadian manusia.
    Tipe dari seorang plegmatis biasanya orangnya agak pendiam, tidak tegas, cuek, cinta damai, dan kadang malas nah saya termasuk tipe orang ini. Kadang sya merenungi dengan sikapku yang jelek ini. kenapa sih sya harus terlahir dngan tipe plegmatis yg agak kalem begitu. Pertanyaannya adalah bisakah sya merubah sikapmu ini? dan bagaimana caranya untuk mengubahnya? Bisakah seorang plegmatis menjadi pemimpin? karena seorang pemimpin tdak ada yg pendiam.🙂

  2. pernah ikutan ngisi kuis untuk menentukan tipe kepribadian ini…
    dan saya juga termasuk phlegmatis… rada sanguin
    tapi kuat di phlegmatis…!
    cocok banget dah… termasuk kejelekan tipe phlegmatis
    rada males…. rada berlebihan.
    hehehe…..

  3. Dulu pas tes di kampus, saya termasuk Korelis. Pas dites yang Korelis cuma ada 3 orang. Asli d, merasa sedikit berbeda, tapi klop banget dengan sifat-sifat saya.😀

  4. Buku yang Sheila luka hati seorang gadis kecil ceritanya seru+serem. Serunya ya penanganan kejiwaannya, seremnya banyak hal2 yang tidak kita bayangkan terjadi pada anak seusia itu. Btw, itu buku jadul banget khan?

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

