Perahu Kertas


Kubuat sendiri perahu itu. Aku akan membayangkan untuk menjadi nahkoda di kapal itu. Kemudian kapal itu akan kubuat lengkap dengan kapal titanic yang karam bertahun-tahun lalu. Ya, lengkap dengan baling-baling, dak, perahu kecil cadangan, dan ujung kapal yang menorehkan kisah romantis itu.

Aliran sungai saya bayangkan sebagai lautan yang luas, arus yang kecil akan terlihat menyeramkan ketika bentuk tubuhku sekecil penghuni kapal kertasku itu. Arus yang bisa menghantamkan perahu kertakus ke dinding sungai, dan mungkin bisa bernasip sama dengan kapal Titanic itu.

Kali ini kubiarkan perahu kertasku mengalir sesuai dengan arah alirannya. Hanya saja, ketika akan menabrak tepi, aku membetulkan arahnya. Sudahlah, memang itu yang seharusnya kulakukan. Setidaknya langkah itu yang akan mengantarkanku kesana.

Lirih sekali terdengar lirik merdu

When you find that special someone
Feel your whole life has barely begun
You can walk on the moon, shout it to everyone
Allah knows
Allah knows

Namun, kenapa harus ada lirik ini di kelanjutannya?

When you lose someone close to your heart
See your whole world fall apart
And you try to go on but it seems so hard
Allah knows
Allah knows

Ah, aku tidak tau dengan langkahku. Semu. Apakah benar, atau salah? Bahkan aku sudah bercerita banyak pada Tuhanku, dan pada akhirnya, sudah kuserahkan hidupku pada Tuhanku melalui secarik kertas itu.

Alloh tau isi hatiku, juga isi hatimu, isi hati kalian dan isi hati mereka. Serakahku, aku juga menginginkan kau mengetahui isi hatiku. Hah, lelucon apa yang kubuat?! Sudahlah.

Perahu kertas akan berlabuh pada tempat yang dikehendakiNya, karena Ia tahu apa yang dibutuhkanku, bukan apa yang kuinginkan. Sekali lagi, bukan yang kuinginkan.

Klaten, 18 Januari 2013

9 thoughts on “Perahu Kertas

  1. Perahu kertas itu bahannya rapuh, agar bisa berlabuh di tempat yang dikehendaki-Nya, maka perlu tambahan bahan yang kuat yaitu do’a dan tawakal, serta nakhoda yang kuat ikhtiarnya.

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s