Definisi Cinta


Apa itu cinta? Ah, aku benci definisi. Yang aku tau cinta itu sebatas apa yang kurasakan. Jadi, biarkanlah cerita ini mewakili apa itu cinta. Karena masing-masing jiwa mempunyai exxpresi sendiri-sendiri dalam mengartikan cinta. Ah, cinta bukan hanya sesempit arti dari perasaan seorang wanita kepada lelakinya ataupun sebaliknya. Bukan pula hanya sekedar kata gombalan dari lelaki kepada wanitanya, saya kira cinta lebih luas maknanya dari itu semua.

Air mataku hampir saja terjatuh ketika episode lampau itu kembali menayangkan sebuah film beberapa tahun yang telah lalu. Ibuku mengambilkan segelas susu sebelum  membangunkanku dengan berucap “Bangunlah nak, segelas susu coklat kesukaanmu sudah tersaji di meja makan”. Sang anak berkata dalam Doanya “Tuhan, aku mencintainya, sehatkanlah badannya”.

Dalam keheningan malam yang hanya bersuarakan hewan malam dengan riangnya berceloteh asyik dan hanya sekawanannya saja yang mengetahui bahasanya. Seseorang dengan syahdunya sedang berduaan dengan Rabbnya tergugu akan muhasabahnya dengan Tuhannya. “Tuhan, engkau yang Maha Pengasih dan maha Penyayang, Engkau mengasihi kepada semua makhlukmu, dan hanya kepada yang engkau ridhoi saja yang engkau sayangi. Ijinkan saya salah satu dari orang-orang yang engkau sayangi. Yang mengingatkanku ketika ku salah dan mengampuni dosa-dosaku yang sudah mulai membuatku muak. Alloh ya rabbi.. Peluk aku. Sungguh aku ingin benar-benar mencintaimu”

Seorang wanita yang sedang kepayahan menggendong calon bayi yang menyiapkan makanan untuk lelakinya yang akan pulang dari kantor. Menyiapkan baju terbaiknya untuk menyambutnya penuh dengan senyuman yang dapat menyihir kelelahan suaminya menjadi keceriaan yang tak bisa dia lukiskan. “Aku mencintaimu istriku sayang”.

Tak kalah perjuangan masing-masing dalam berkorban, ketika si wanita masih direpotkan dengan jundi kecilnya yang lari kemanapun ia suka. Membentuk lintasan ruwet sambil berteriak “Sayang, sini makan dulu sayang”. Lalu lelaki dewasa itupun mengambil alih pekerjaan si wanita mengangkat ketel penuh dengan air panas yang berbunyi diatas kompor membara. “Trimakasih abi, I lop u pull sudah mbantu umi”.

Definisi cinta. Terlalu sempit jika diartikan dengan kata-kata. Cinta itu bermakna luas. Cinta itu lepas dari kata definisi, maka aku akan merasakan apa itu cinta.

21 thoughts on “Definisi Cinta

  1. Memang cinta itu susah di jabarkan. Tetapi tergantung story orang yang menjalaninya juga. Kalau orang yang selalu mendapatkan cinta dan akhirnya berujung pada kesedihan, berarti orang itu bisa saja menjawab cinta itu menyakitkan.
    Ya sesuai persepsi aja. Tapi, ada juga yang menjawabnya dengan gelengan kepala. Maksudnya, tidak bisa di jabarkan. Jadi cinta itu bisa di ucapkan dengan kata-kata kok. Sesuai persepsi tentunya😀

    Blog nya keren🙂 tolong kunjungi blog saya ya. Memuat sebuah cerita fiksi yang terangkum dalam 2 kategori. Cerpen dan cerbung.
    shiddiqpermana21.wordpress.com

  2. sudah banyak definisi cinta lewat metafora hti dan kalau diteruskan takkan ada habisnya. aku katakan gini aja: dalam cinta ada emosi yang meluap-luap lalu menimbulkan keinginan untuk menuruti apapun yang kekasih inginkan.

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

