Wonderful Family


Minggu yang cerah pada tanggal 09 Februari 2014 acara seminar Keluarga Wonderful Family Merajut Keindahan Keluarga yang diadakan oleh Salimah Klaten cukup menghadirkan riuhnya peserta yang memadati gedung. Lebih dari 1000 orang peserta tampak antusias mengikuti acara seminar. Acara dibuka dengan nasyid junior dari SMPIT Ibnu Abbas menghibur peserta dengan senandung yang dinyanyikan. Hiburan yang disajikan tak hanya itu, perkusi dari anak-anak Taman Kanak-kanak Taman Muti 2 menambahkan segar suasana.

Bertemakan “Membersamai Kesuksesan Anak” ustad Cahyadi Takariawan, menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan oleh orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Ustad Cahyadi menekankan arti penting dalam mendidik anak.

Ustad Cahyadi Takariawan, S.Si.,Apt atau yang sering dipanggil dengan Pak Cah merupakan salah satu calon Anggota DPD RI Jawa Tengah tahun 2014.

pak cah

Cuplikan kalimat pembuka yang mengantarkan seminar ustad Cahyadi Takariyawan.

Jika Anak dibesarkan dengan Celaan, maka ia belajar Memaki
Jika Anak dibesarkan dengan Permusuhan, maka ia belajar Berkelahi
Jika Anak dibesarkan dengan Ketakutan, maka ia belajar Gelisah
Jika Anak dibesarkan dengan Rasa Iba, maka ia belajar Menyesali Diri
Jika Anak dibesarkan dengan Olok-Olok, maka ia belajar Rendah Diri
Jika Anak dibesarkan dengan Iri Hati, maka ia belajar Kedengkian

Keluarga yang Sakinah, Mawadah dan warahmah, kata yang sering kita ucapkan disela-sela doa untuk pengantin baru.  Apakah hanyak untuk pengantin baru? tentu tidak, Bahkan jika kita bisa meresapi maknanya, maka warahmah akan kita rasakan sampai ada yang memisahkan.

Sebagaimana diketahui kata sakinah, mawaddah, dan rahmah diambil dari kitab suci Al Qur’an yang artinya :

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri (pasangan) dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram (sakinah) kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih (mawaddah) dan sayang (rahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir”. (Ar ruum : 21)

Selain berbekal pendidikan sebagai orangtua dalam mendidik anak, maka sebagai orangtua harus mempunyai visi misi dalam keluarga tersebut. Pak cah menyampaikan dalam seminar, siapa yang paling cepat menundukan ego itu adalah lebih baik, siapa yang lebih dulu meminta maaf kepada pasangan itu lebih baik.

Beliau juga menyampaikan orang hidup pasti punya masalah , termasuk kehidupan berkeluarga juga punya masalah. Tapi yang membedakan adalah bagaimana cara kita mengelola masalah. Jgn berdoa ya Allah  jgn beri kami masalah , krn itu tidak  mungkin, maka berdoalah Ya Allah beri kemampuan pada keluarga kami untuk keluar dari masalah itu dgn baik.Permasalahan yang muncul dalam keluarga itu tidak lebih dari bagaimana kita membangun komunikasi dengan pasangan  dan anak-anak kita.

Perbedaan komunikasi antara wanita dan laki-laki sangatlah mencolok. Apa yang dimaksud dari suami tak jarang akan ditangkap lain oleh sang istri. Beliau menambahkan  bahwa kunci kebahagiaan keluarga adalah berawal dari komunikasi yang dibangun.

(Humas Salimah Klaten)

5 thoughts on “Wonderful Family

Maturnuwun kagem panjenengan ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s