Kau Suka Bau Hujan?


Petrichor adalah salah satu bau alami yang tercium saat hujan turun membasahi tanah yang kering. Pada tahun 1964, saintis Australia, Isabel Joy Bear dan R. G. Thomas, melakukan penelitian mengenai aroma hujan dan mempublikasikannnya di jurnal Nature, “Nature of Agrillaceous Odor.” Isabel dan Thomas menciptakan istilah petrichor (Yunani, petra: batu, ichor: darah para dewa) untuk menjelaskan fenomena tersebut.

Petrichor sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal.
Namun, yang paling berkontribusi terhadap munculnya petrichor ada dua hal. Pertama, minyak yang menguap dari tumbuhan. Tumbuhan mengeluarkan sejenis minyak yang mudah menguap yang kemudian terkumpul di berbagai permukaan, seperti misalnya bebatuan. Minyak tersebut bereaksi dengan tetesan air hujan dan dilepaskan sebagai gas ke udara. Kedua, geosmin yang dilepaskan oleh mikroba. Geosmin adalah senyawa organik yang dihasilkan oleh beberapa mikroba yang hidup di tanah, air tawar, dan air laut, seperti cyanobacteria dan actinobacteria. Geosmin dilepaskan ketika mikroba mati, dan saat terkena terpaan air hujan, geosmin terangkat ke udara dan terciptalah aerosol partikel geosmin dalam udara. Geosmin juga penyebab mengapa ikan air tawar suka berbau tanah.


Lalu, mengapa hal tersebut bisa menimbulkan sensasi yang berbeda?
Pada saat musim kering, tumbuh-tumbuhan tertentu mensekresikan sejenis minyak aromatik ke dalam tanah sebagai upaya adaptif terhadap lingkungan yang relatif kering, kemudian pada saat hujan, senyawa-senyawa ini naik ke udara.

Senyawa kimia yang dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan tersebut kemudian bercampur dengan geosmin. Geosmin adalah zat kimia yang dihasilkan oleh Actinomycetes (bakteri berfilamen) pada saat pembentukan spora, zat ini naik ke udara akibat tekanan hujan.

Setelah itu senyawa aromatik dan geosmin berbaur dengan molekul ozon. Ozon terdiri dari tiga unsur oksigen yang saling berikatan, terbentuk dari oksigen dan senyawa nitrogen yang “dipecah” oleh petir yang kemudian bereaksi membentuk ozon. Bau ozon mirip atau mengingatkan kita pada bau senyawa klorin yang biasanya digunakan dalam kolam renang.

Selain ketiga penjelasan di atas, ada juga yang menyebutkan bahwa air hujan yang bersifat asam menimbulkan atau memicu reaksi-reaksi kimia di permukaan tanah yang terdiri dari berbagai komponen (organik dan anorganik) yang menghasilkan senyawa-senyawa aromatik.

Senyawa yang dihasilkan tersebut ternyata memiliki efek aroma-terapi yang memberi kesan tenang, nyaman, serta memberi inspirasi bagi yang menciumnya. Akan tetapi beberapa peneliti menemukan bahwa aroma hujan yang dirasakan oleh tiap orang berbeda-beda. Hal ini mungkin dipengaruhi suasana hati penikmat hujan itu sendiri.

Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu”. Dan pada titik ini, para ilmuan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi..

http://incendiarywithin.blogspot.com/2013_10_01_archive.html)

Advertisements

Beribadah ketika Susah


Kalo kita bersedekah, tahajud, dhuha berharap imbalan dunia itu berarti kita memakai ibadah utk strategi bisnis. Maka itu Salah..

 

: قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Katakanlah: sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
Surah Al-An’am (6:162)

lanjutnya dalam percakapannya..

Jika setelah beribadah lalu berdoa meminta kemudahan dan kebaikan di dunia itu boleh 😇

jujur ma meeen, aku tertohok sekali sama kalimat ituh. bayangkan ajah, sudah jarang ibadah shunah, eh doanya cuma sekenanya ajah. Makanya hidupnya tuh flat ajah, kagak ada nanjak2nya.. :mrgreen:

Jadi kembali introspeksi deh, kadang memang terlintas seperti ini, “Kenapa ya, sama-sama mempeng ngibadahnya, eh yang satu sukses nya gak ketulungan, yang satu tulung-tulung sama kehidupannya”

Ternyata ada kelanjutan yang tak terungkap, yaitu BERDOA setelah ibadahnya. Kemudian perlulah kita tau, gimana sih berdoa tanpa hijab? alias, ketika kita minta ini itu sama Allah, mak bedunduk tak dinyana sudah terkabul.

Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60)

Berdoalah kepadaKu

jadiii, ibadah itu adalah kewajiban dan salah satu bentuk syukur kita ke Allah, jadi kalau kita mau request macem-macem maka berdoa yuuuk..

belajar lagi deeh

#Ntms

Suksesku dan suksesmu


​Apa makna suksesmu?

Dulu ketika melihat teman yg berhasil masuk jadi PNS ataupun BUMN rasanya kemeron pengin menjadi seperti itu juga. Mempunyai penghasilan sendiri.

Lulus kuliah di teknik sipil dulu saya pernah mengikuti tes CPNS di Jakarta bersama teman2, naik kereta ekonomi malam2.. berjejal penuh sesak.

Masih teringat dengan jelas suasananya, seangkatanku cewek yang berangkat cuma 2, selain itu cowok semua dan ada 4 cewek adik tingkat.

Ah, agaknya itu pengalaman paling berkesan menuju kota jekardah..

Belajar malamnya, antri mandi pagi, mengerjakan soal, dilanda kantuk yang hebat saat ujian, bis mogok saat mau mengejar kereta pulang, dan akhirnya kita dapat tidur leha2 karena banyak bangku kosong saat itu.. Kisah yang indah namun tak bersambut kemenangan..

Karena tak satupun diantara kita yang berhasil jd PNS di ujian kali itu.

Hahahaha

Dan akhirnya kita berpisah untuk menjalani kehidupan masing2.. Dan ternyata rentang beberapa waktu mereka mencoba jalan CPNS dan beberapa masuk.

RIZKI

Bahkan Rizki burung pun sudah diperhitungkan oleh Allah,

Setelah berikhtiar, maka selanjutnya pasrah..

Dan aku tau rasanya setelah mempunyai 2 anak, 

Bahwasanya kesuksesan bagi seorang wanita adalah bisa menjadi madrasah yang pertama bagi anaknya. .

Banyak yang bisa menghidupi anak-anaknya, tapi tak banyak yang bisa mendidik nya.

Membesarkan badannya, tapi menyerahkan hatinya pada orang lain.

Ini bukan tentang ibu pekerja vs fullMom ya.. Tapi tentang keluwesan waktu yang diberikan untuk mendidik anak-anak.

Apakah aku sudah mendidik dengan baik dengan pekerjaan ku saat ini? 

Tentu saja belum, karena akupun masih belajar.. Jangan lupa berdoa. Doakan anak-anak agar menjadi anak yang Sholih.. karena kesholihan itu adalah aset terbesar yang kita punya.

Jadi parameter sukses ku sekarang bukan tentang menjadi PNS maupun BUMN..

Cukup bahagia mempunyai teman yang mendapatkannya..

Dan cukup bahagia aku memeluk anak-anakku

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrata a’yun waj’alna lilmuttaqina imama

Artinya: “Wahai Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami)…. Bersambung

Lalu apakah cukup puas dengan seperti ini?

Tidak, karena mimpiku tetap menjadi seorang milyader. Menjadi pengusaha, pedagang, pebisnis entah apa itu namanya. Yang jelas aku ingin berdagang, karena 99 rejeki itu ada dalam perdagangan.

Sudah jadi pedagang yang sukses?

Belum juga, karena aku ingin membangun rumah tanpa riba, ingin naik haji tanpa riba ingin beli kendaraan tanpa riba.

Mimpi Yang Sempurna


MasyaAllah, sudah lama banget nih blog kagak keurus. Bukan ndak sempat ataupun sok sibuk, tapi belum ada pikiran untuk lari kesini. hehe

Mimpi  yang sempurna bukan berarti bermimpi di siang bolong yang tiba-tiba menjadi sosok wanita cantik, kaya raya dan rajin ibadah serta tak mendukung si penista #ups :mrgreen:

Passion
Ya, yang akan kubicarakan ini adalah tentang cita-cita. Saat ini saya sedang membangun peradaban kecil berkeluarga serta berbisnis online. awalnya ingin membuat branding “Omah Kathok” yang mempunyai spesifikasi celana anak maupun dewasa. Namun Qadarulloh malah yang banyak pesenan sekarang ini baru gamis anak karakter. dari yang bermodal satu juta menjadi empat juta selama 2 bulan, MasyaAllah.. Sungguh Allah Maha Kaya.

Ini bukan dalam rangka pamer ya. . (Padahal banyak bangett yang lebih keren, eh aku nya nebeng keren :mrgreen: ).

Lalu mimpi apa sih yang mau di ceritakan disini?

Ah, to be continue aja  deh ya..

mau ada arisan mak mak sholihah yang keceh badai nih..

Kalau mau ngepoin dagangan aye bisa ke

FB : Omah kathok

IG : @Omahkathok

atau cari aja empunya di FB yang keceh jugak di Ulfah Uswatun Hasanah.

hehehe,.. maap ye.. gak ngasih link nya.. nih buru2

 

dadah mak.. assalamu’alaykum

Pidato Seorang Pembesar


Saya menghela napas membaca pidato yang disampaikan oleh Pak Warsito. Siapakah dia? Apakah kau pernah mendengar penemu alat pemindaian kanker? Seorang pembesar visioner yang sangat brilian. Ah, lagi-lagi Indonesia mengecewakan ilmuwan berbakat. Tak habis pikir saya. Sampai kapan Indonesia dijajah oleh mafia berdasi yang hanya memperebutkan harta dan kekuasaan? Tak layak kah Indonesia dipimpin oleh seorang amir yang adil dan menentramkan?

Ah.. tetiba aku teringat kalimat ini, persisnya aku kurang hafal, karena coba tak cari gak nemu-nemu. Ada yang bertanya kepada khalifah Ali bin abi thalib (cmiiw), dia berkata “Kenapa umat sekarang tidak seperti umatnya Rosululloh yang taat, dll?”
Kemudian dijawab
“Umat jaman Rosululloh umatnya seperti saya, sedangkan umat ku sekarang sepertimu”

Hmmmm Continue reading

Gamis Idaman


Ceritanya saya tuh punya gamis idaman. salah satu cirinya yaitu :
1. Bahan tidak panas
2. Bawahnya bersifat lebaar
3. Tidak terawang
4. Bahannya jatuh
5. Murah meriah

Setelah mencari kesana kemari, saya menemukan olshop yang murah. Setahun yang lalu kira-kira, saya menemukan gamis Katun Jepang manis berwarna pink bunga-bunga. Harganya saat itu 95rb. Padahal di olshop lain dengan lebar bawah yang sama bisa sampai 125rb lho. itu gamisnya saja. Alhasil aku beli tuh bajunya. Dan asyiknya lagi, aku dikasih gratis ongkos kirim sama embaknya.. Waaa.. bahagia bangettt kan? (Lebay :mrgreen: ) Continue reading